Operasi Binduk di Lubang Buaya Layani 309 Warga

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 12 Juli 2018 09:51 WIB | Dibaca 445 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Operasi bina kependudukan (Binduk) di RW 12, Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, melayani 309 warga. Operasi diadakan sejak Rabu (11/7) hingga hari ini. 

" Sasaran binduk ini adalah pendatang baru yang tidak membawa surat pindah dari kampung. Kita bantu mereka agar memiliki identitas alamat berupa SKDS"

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, Sukma Wijaya mengatakan, kawasan tersebut merupakan permukiman padat penduduk. Selain kontrakan, banyak juga kos-kosan yang sering disewa oleh pendatang baru.

"Hasil sementara ada 309 warga yang dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS). Angka ini kemungkinan besar bertambah karena masih kita lakukan sampai hari ini," kata Sukma Wijaya, Kamis (12/7).

Menurutnya, operasi Biduk ini melibatkan 140 petugas gabungan. Yakni dari unsur Sudin Dukcapil, kelurahan, kecamatan, Satpol PP, TNI/Polri. Selain itu, pengurus RT/RW, LMK dsn FKDM juga turut serta.

"Sasaran binduk ini adalah pendatang baru yang tidak membawa surat pindah dari kampung. Kita bantu mereka agar memiliki identitas alamat berupa SKDS," tuturnya.

Sementara, Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menambahkan, operasi kali ini berbeda dengan sebelumnya. Karena melalui binduk saat ini merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang sifatnya jemput bola.

"Kita memberikan pelayanan pada masyarakat secara administrasi. Ini sekaligus melakukan pembinaan pada warga agar tertib dalam administrasi kependudukan," tandasnya.