DKI Pertahankan Gelar Juara Umum Olimpiade Sains Nasional

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 07 Juli 2018 14:55 WIB | Dibaca 858 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih gelar Juara Umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Raihan prestasi ini sekaligus membuat DKI mampu mempertahankan predikat Juara Umum yang sudah diperoleh tahun lalu.

"Ini menjadi pemacu semangat Tim OSN DKI Jakarta untuk mempersembahkan hasil terbaik "

Dalam OSN Tahun 2018 yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, pada 1-6 Juli, kontingen asal DKI berhasil meraih 19 medali emas, 24 perak, dan 29 perunggu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Bowo Irianto menuturkan, keberhasilan ini diperoleh berkat kerja keras, motivasi, dan dukungan semua pihak. Terutama, pelatih, guru, orang tua, kepala sekolah, pembina, dan jajaran di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

"Ini menjadi pemacu semangat Tim OSN DKI Jakarta untuk mempersembahkan hasil terbaik," kata Bowo, Sabtu (7/7).

Dijelaskannya, Tim OSN Provinsi DKI Jakarta telah dipersiapkan sebaik mungkin serta melalui seleksi ketat di tingkat wilayah maupun provinsi.

"Kami berharap, prestasi ini juga dapat menjadi bekal semangat untuk memicu dan memacu dalam menghadirkan pendidikan yang lebih baik lagi di Jakarta,'" terangnya.

Sementara, Merawati, orang tua Made Ayu Utami Kintaran siswi SMA Negeri 21 Jakarta yang berhasil meraih medali emas bidang Biologi mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan putrinya.

"Saya bersyukur sekali. Saingannya memang berat, saya pikir hanya akan berhasil dapat perunggu," ujarnya.

Ia menambahkan, berkat prestasi yang diraih di ajang OSN tersebut, putrinya berhak mengikuti seleksi pelatnas untuk mewakili Indonesia dalam International Biology Olympiad (IBO).

"Made Ayu harus ikut pelatihan untuk tingkat internasional. Saya bersyukur banget sudah sampai sejauh ini," tandasnya.

Untuk diketahui, OSN ke-17 ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik dari 28 provinsi mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Mereka berlomba menjadi yang terbaik di 11 bidang yang meliputi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Infomatika/Komputer, Kimia, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi.