Anies Dijadwalkan Ikuti Pertemuan Pemimpin Ibukota se-ASEAN

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 07 Juli 2018 16:00 WIB | Dibaca 460 kali
(Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadwalkan mengikuti pertemuan pemimpin-pemimpin Ibukota di negara-negara anggota ASEAN "The 6th Meeting of Governors/Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC)", di Singapura, Sabtu (7/7).

"Hasil dari MGMAC nantinya adalah Singapore Declaration "

Berdasarkan keterangan tertulis dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta menyebutkan, pertemuan tersebut akan membahas berbagai isu mengenai tantangan perkotaan dan pembangunan kota yang berkeberlanjutan.

Pemimpin Ibukota negara-negara anggota ASEAN akan mempererat kerja sama, berbagi ide, dan bertukar pengalaman, khususnya terkait community resilience, water resource management, dan smart technologies for sustainable environment.

"Hasil dari MGMAC nantinya adalah Singapore Declaration. Kesepakatan tersebut menjadi bentuk komitmen untuk mempererat kerja sama dan mendukung pengembangan komunitas ASEAN," demikian disampaikan melalui keterangan tersebut, Sabtu (7/7).

Pelaksanaan MGMAC di Singapura merupakan pelaksanaan untuk kali ke-6. Sebelumnya, MGMAC digelar di Jakarta pada tahun 2013, tahun 2014 di Bangkok, Kuala Lumpur pada tahun 2015, Vientiane pada tahun 2016, dan Manila di tahun 2017. 

Penyelenggaraan MGMAC tersebut merupakan rangkaian dari event  dua tahunan “World Cities Summit” yang diselenggarakan di Singapura dan menghadirkan para pemangku kepentingan kota dan mitra terkait lainnya dari seluruh dunia. 

Selain menghadiri MGMAC, Anies beserta delegasi Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Lawrence Wong, dan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan untuk membahas berbagai peluang kerja sama di bidang pembangunan kota.