Sudin KPKP Jakut Gelar Pelatihan Wirausaha Perikanan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 05 Juli 2018 20:51 WIB | Dibaca 386 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, menggelar pelatihan pertumbuhan wirausaha baru bidang perikanan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Biru Laut, RW 10, Kelurahan Kelapa Gading Timur. 

" Produknya seperti baso ikan, otak-otak, kue ikan dan surimi. Harapan kita mereka termotivasi melanjutkan ke usaha"

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan, kegiatan yang diikuti 60 peserta ini merupakan lanjutan pelatihan teknis pengolahan hasil perikanan, pada Mei lalu. 

"Produknya seperti bakso ikan, otak-otak, kue ikan dan surimi. Harapan kita mereka termotivasi melanjutkan ke usaha," katanya, Kamis (5/7).

Dijelaskan Rita, selain memberikan pelatihan, pihaknya akan membantu pemasaran produk peserta yang mau berusaha. Sebagai langkah awal, produk mereka akan dipasarkan melalui event bazar yang digelar pihak pemkot seperti saat senam primadona, HBKB, dan kegiatan lainnya.

Sekjen Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO), Iim Rusyamsi menambahkan, dalam pelatihan kali ini pihaknya memberikan materi dasar tentang informasi OK OCE 7 Langkah Pas. Diharapkan, materi yang disampaikan bisa membentuk mental dan memberikan gambaran proses membentuk usaha baru bagi peserta pelatihan.

"Setelah ini mereka akan mendapat pendampingan oleh OK OCE Kecamatan. Ada mentor bisnis yang bisa diakses untuk membantu," ujarnya.

Ditambahkan Iim, saat ini pihaknya juga sudah meluncurkan aplikasi OK OCE ngobrol. Sehingga para pelaku usaha baru yang membutuhkan masukan dan saran bisa mengakses aplikasi tanpa perlu bertatap muka dengan para mentor.

"Silakan manfaatkan fasilitas pendampingan ini agar usahanya berjalan baik dan sukses," tandasnya.