20 Lokasi Saluran Air di Tambora Dikuras

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 03 Juli 2018 14:49 WIB | Dibaca 349 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Sejak Januari hingga akhir Juni 2018, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat sudah melakukan pengurasan lumpur di 20 lokasi saluran air di pemukiman warga yang tersebar di 11 kelurahan se Kecamatan Tambora. 

" Kedua tim pasukan biru melakukan pekerjaan pengurasan hingga endapan lumpur di dalam saluran terangkut semua"

Kasatpel SDA Kecamatan Tambora, Wawan Kurniawan mengatakan, untuk pengurasan 20 saluran air ini pihaknya mengerahkan 50 pekerja harian lepas (PHL) yang terbagi dalam dua tim. 

"Kedua tim pasukan biru melakukan pekerjaan pengurasan hingga endapan lumpur di dalam saluran terangkut semua," ujarnya, Selasa (3/7).

Ia menjelaskan, selama enam bulan pengerjaan sekitar 100 meter kubik endapan lumpur berhasil diangkut dalam saluran air di 20 lokasi tersebut. 

"Setiap bulan sekitar 15 kali mobil dump truck mengangkut ratusan karung berisi lumpur yang diangkut dari dalam saluran air," bebernya.  

Wawan optimis pengurasan endapan lumpur di 20 lokasi ini bisa mengatasi genangan maupun banjir yang kerap dikeluhkan warga.  

"Kapasitas tampung air hujan di dalam saluran pemukiman warga semakin banyak dan aliran air berjalan lancar hingga ke kali atau sungai," tandasnya.