RSUD Sawah Besar Luncurkan Program Sipensil

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 02 Juli 2018 17:05 WIB | Dibaca 1392 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Rumah sakit umum daerah (RSUD) Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat meluncurkan inovasi baru sistem pantau pasien penyakit kronis stabil (Sipensil). Dengan sistem ini, kondisi pasien secara berkala bisa langsung dilihat, termasuk konsumsi obatnya.

"Lewat aplikasi ini pasien kronis terdata dan akan mendapatkan kemudahan, di antaranya diingatkan berobat dan dipantau kondisi kesehatannya"

Direktur Utama RSUD Sawah Besar, Suzy Freud mengatakan, sistem ini bisa diakses langsung melalui website ceksipensil.rsudsawahbesar.com. Pasien penyakit kronis yang berobat di RSUD Sawah Besar dan dinyatakan stabil oleh dokter spesialis, akan masuk dalam aplikasi Sipensil. Sistem ini dapat diakses oleh Puskesmas, RSUD Sawah Besar dan apotek program rujuk balik (PRB) yang bekerja sama dengan BPJS.

"Lewat aplikasi ini pasien kronis terdata dan akan mendapatkan kemudahan, di antaranya diingatkan berobat dan dipantau kondisi kesehatannya," ujarnya, Senin (2/7).

Menurutnya, pasien penyakit kronis akan dikontrol disiplin berobatnya oleh RS dan Puskesmas tempat rujuk secara terpadu. Bila pasien tidak datang satu kali jadwal pengambilan obat, petugas akan datang memantau.

"Mengingat penyakit kronis perlu perawatan dalam waktu lama, obat pasien akan diantar oleh petugas tanpa harus datang setiap bulan ke apotek. Penyakit kronis yang dilayani yaitu, diabetes, asma, hipertensi, penyakit paru obstruksi kronis dan stroke," tandasnya.