Pulau Gosong di Kepulauan Seribu akan Dipasangi Plang Aset

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 28 Juni 2018 17:00 WIB | Dibaca 340 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu akan melakukan pemasangan plang aset di sejumlah pulau gosong di wilayahnya. Penamaan pulau gosong sendiri merupakan sebutan untuk pulau bermaterial pasir yang masih dalam proses pembentukan dan biasanya hanya muncul sesaat kemudian menghilang tergantung dari tinggi air laut maupun ketinggian pulau tersebut.

" Pemasangan plang aset dilakukan bulan Juli mendatang dan targetnya Agustus sudah selesai terpasang"

Dengan pemasangan plang aset di sejumlah pulau gosong tersebut, maka aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terlindungi.

Asisten Pemerintahan Kepulauan Seribu, Arief Wibowo mengatakan, setidaknya ada 20 pulau gosong yang tahun ini akan dipasangi plang aset. Hal tersebut, untuk menghindari penyerobotan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Pemasangan plang aset ini merupakan progra corporate social responsibility dari Bank DKI. Tujuannya agar memudahkan pelaporan terkait aset Pulau Gosong yang ada di Kepulauan Seribu," ujar Arief, Kamis (28/6).

Untuk lokasi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para lurah, agar menginventarisir pulau-pulau gosong yang ada di wilayahnya. Data sementara, pulau gosong banyak terdapat di wilayah Kepulauan Seribu Utara seperti di Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Panggang. 

"Pemasangan plang aset dilakukan Juli mendatang dan targetnya Agustus sudah selesai terpasang," tandasnya.