Empat Bayi di RSUD Pasar Minggu Dilayani Program Si Dukun

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Sabtu, 16 Juni 2018 21:09 WIB | Dibaca 1634 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan melayani empat bayi yang dilahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu hari ini melalui program Sistem Pelayanan Dokumen Kependudukan Terintegrasi (Si Dukun).

"Ada empat bayi yang lahir di RSUD pada Sabtu ini. Kami layani dengan program Si Dukun "

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, meski masih libur Lebaran, namun pelayanan Si Dukun tetap dilakukan. Pihaknya tidak ingin menunda layanan administrasi untuk warga.

"Ada empat bayi yang lahir di RSUD pada Sabtu ini. Kami layani dengan program Si Dukun," ujarnya, Sabtu (16/6).

Ia menyebutkan, dalam program tersebut ada beberapa layanan administrasi yang dilakukan, mulai dari pencatatan NIK, kartu keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), kartu BPJS, serta akta kelahiran anak. Pada kesempatan itu, pihaknya menyerahkan secara langsung dokumen kependudukan kepada keluarga bayi.

"Layanan ini diberikan agar masyarakat merasa gembira dan bahagia di hari ini dengan diberikan akta lahir dan lainnya," ucapnya.

Haris berharap, melalui program ini, warga menjadi tidak lagi terbebani dalam mengurus berbagai macam dokumen kependudukan. Selain itu, pelayanan ini diberikan sebagai bentuk perwujudan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni Maju Kotanya, Bahagia Warganya.

"Tetapi agar layanan ini lebih maksimal, juga perlu kerja sama dari orang tua dan rumah sakit," sambungnya.

Sementara itu, Eko Setiawan, salah seorang orang tua bayi mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan ini.

"Terima kasih anak saya langsung dapat aktanya," tandasnya.