1.436 E-KTP di Jaksel Telah Didistribusikan

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Minggu, 10 Juni 2018 16:53 WIB | Dibaca 644 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan berhasil mendistribusikan 1.436 fisik e-KTP kepada warga menjelang Lebaran tahun ini.

" Di layanan akhir pekan kemarin, kita berhasil mendistribusikan 1.436 e-KTP kepada warga"

Pendistribusian ribuan e-KTP tersebut dilakukan Sabtu (9/6) kemarin.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris mengatakan, pihaknya sengaja memperpanjang pendistribusian e-KTP agar warga yang akan mudik Lebaran memilik identitas diri.

"Di layanan akhir pekan kemarin, kita berhasil mendistribusikan 1.436 e-KTP kepada warga," ujarnya, Minggu (10/6).

Haris memastikan, meskipun telah memasuki libur Lebaran, pihaknya tetap menerjunkan ratusan petugas untuk mendistribusikan fisik e-KTP.  Mengingat masih ada belasan ribu e-KTP yang belum terdistribusikan kepada warga.

"Kami menerjunkan ratusan petugas untuk mendistribusikan e-KTP sampai ke pelosok pos-pos RW di samping tetap membuka layanan di kantor kelurahan kemarin," ucapnya.

Ia berharap, melalui layanan ini, warga memiliki identitas diri yang sah saat mudik Lebaran. Sehingga mereka tidak merasa was-was selama melakukan perjalanan di kampung halaman.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Di mana setiap penduduk harus membawa KTP saat berpergian.

"Kita kemarin juga melaksanakan layanan KTP mobile di Tegal Parang untuk membuka layanan akta lahir, e-KTP, kartu keluarga dan lain-lain," tandasnya.