Ini Pesan Anies-Sandi Kepada Pemudik

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 05 Juni 2018 16:56 WIB | Dibaca 557 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat yang akan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

" Ada beberapa catatan kecil yang perlu diantisipasi terutama bagi pemudik, yakni memastikan bahwa rumah yang ditinggal dalam kondisi aman"

Dikatakan Anies, sebelum meninggalkan rumah, warga harus betul-betul memastikan listrik yang terhubung ke peralatan elektronik dimatikan. Kemudian, melepas penghubung tungku kompor dengan tabung gas.

"Pastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman," ujar Anies, di Markas Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Ia meminta, masyarakat yang akan mudik juga terlebih dahulu melakukan pengecekan kondisi kesehatannya di puskesmas-puskesmas terdekat.

"Dalam paparan tadi, kita mendengar banyak sekali kecelakaan-kecelakaan lalu lintas yang muncul karena kondisi tidak fit dan kelelahan. Pastikan faktor kesehatan ini diprioritaskan," terangnya.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mempersilakan masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan umum untuk menitipkan kendaraannya di kantor kelurahan maupun kecamatan.

"Kalau ada kebutuhan kenapa tidak? Kantor-kantor pemerintah itu kan milik warga juga, tinggal nanti dikoordinasikan dengan pejabat setempat," tandasnya.