Kali Item Bakal Dijernihkan dan Tak Timbulkan Bau

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 31 Mei 2018 22:13 WIB | Dibaca 913 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan, air di Kali Item yang lokasinya berdekatan dengan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, dapat dijernihkan serta tidak lagi menimbulkan aroma tak sedap.

" Kali Item ini sangat dekat sekali di Wisma Atlet"

Dikatakan Sandi, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya akan dilibatkan untuk memberikan solusi. Sebab, saat ini PD PAL Jaya telah memiliki mesin pengolah limbah yang juga bisa membuat air menjadi jernih dan memenuhi baku mutu.

"Targetnya, sebelum Asian Games warna air di Kali Item sudah bisa lebih jernih dan tidak menimbulkan bau. Kali Item ini sangat dekat sekali di Wisma Atlet dan kafetaria yang akan digunakan oleh para atlet dan ofisial," ujar Sandi, Kamis (31/5).

Dijelaskannya, saat ini sedang dilakukan uji coba alat pengolah limbah karya anak bangsa oleh PD PAL Jaya yang nantinya akan digunakan untuk membersihkan Kali Item. Ditargetkan, uji coba yang berlangsung selama satu bulan bisa memberikan hasil yang memuaskan.

"Kita coba Andrich Tech system dari PT MJH Lestari yang sudah bekerja sama dengan PD PAL Jaya untuk diterapkan di Kali Item. Saya serahkan ke PD PAL Jaya yang sedang melakukan uji coba untuk memberikan informasi tambahan mengenai alat pengolahan limbah ini," tandasnya.