200 Peserta Ikuti Workshop Hari Pemustaka Jakarta

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Sabtu, 26 Mei 2018 18:54 WIB | Dibaca 682 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Sebanyak 200 peserta Pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pemprov DKI Jakarta serta masyarakat ikuti workshop Hari Pemustaka Jakarta di Taman Ismail Marzukuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5).

" Yang jelas, selain sebagai bentuk apresiasi kepada member perpustakaan, kegiatan ini juga merupakan cara menularkan giat membaca di lingkungan"

Kegiatan yang mengusung tema "Ketika Membaca Menjadikan Kebiasaan" tersebut juga dihadiri salah satu artis nasional, Iqbal Ramadhan. 

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI, Jamhuri Androfa mengatakan, workshop tentang perpustakaan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Dispusip DKI dengan tujuan untuk lebih menarik minat pembaca. 

“Yang jelas, selain sebagai bentuk apresiasi kepada member perpustakaan, kegiatan ini juga merupakan cara menularkan giat membaca di lingkungan,” tuturnya, Sabtu (26/5).

Dijelaskan Jamhuri, dengan kegiatan ini diharapkan ke depan masyarakat lebih tertarik datang ke perpustakaan untuk membaca dan menjadikan membaca sebagai gaya hidup baru. 

“Ke depan saya harap membaca ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu artis nasional Iqbal Ramadhan mengatakan, kebiasaan membaca harus diniatkan dari dalam diri sendiri terlebih dahulu. Selain itu, fasilitas perpustakaan di Jakarta telah sangat mendukung jika membaca dijadikan sebagai gaya hidup. 

Dengan kata lain, fasilitas perpustakaan di DKI telah bagus, lengkap, luas dan nyaman. Tidak hanya itu, perpustakaan di Jakarta juga telah memiliki aplikasi iJakarta yang dapat di download melalui handphone.

“Jadi, tidak ada alasan buat kita untuk tidak membaca, kemudian menjadikan perpustakaan tempat untuk anak muda hang out untuk membaca," tandasnya.