Sudin KPKP Jakpus Periksa Produk Pangan di Empat Pasar Tradisional

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 18 Mei 2018 16:15 WIB | Dibaca 325 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat melakukan pengawasan pangan terpadu di empat pasar tradisional dan satu pasar modern hari ini. Sampel pangan diperiksa untuk mengetahui kandungannya.

" Dari 251 sampel yang kita uji tidak ditemukan adanya bahan makanan yang berbahaya"

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, pengawasan pangan yang dilakukan meliputi hasil komoditas pertanian, perikanan dan peternakan dengan cara mendatangi dan mengambil sampel. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan produk pangan tidak mengandung bahan berbahaya, seperti boraks, bahan pewarna, pemutih pakaian, formalin dan pestisida.

"Dari 251 sampel yang kita uji tidak ditemukan adanya bahan makanan yang berbahaya," ujarnya, Jumat (18/5).

Sampel yang diambil terdiri dari 127 sampel komoditas pertanian, 82 sampel komoditas perikanan dan 42 sampel hasil komoditas peternakan. Sampel diambil dari Pasar Karang Anyar, Pasar Timbul Kartini, Pasar Jembatan Merah dan Pasar Metro Atom Pasar Baru. Lalu ada satu pasar modern di wilayah Senen.

"Kami berharap kondisi ini terus terjaga hingga lebaran nanti sehingga masyarakat aman dalam mengkonsumsi makanan baik makanan olahan maupun bahan makanan," tandasnya.