Wagub Kunjungi Laboratorium Hasil Perikanan Dinas KPKP di Pluit

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 11 Mei 2018 15:50 WIB | Dibaca 554 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengunjungi Laboratorium Pusat Produksi, Inspeksi dan Sertifikasi Hasil Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) di Jl Pluit Permai, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

" Asupan pangan yang dirasakan bukan hanya untuk ekspor, tapi juga konsumsi lokal"

"Ini laboratorium yang sudah memenuhi standar ISO. Ada tiga ISO, termasuk sertifikasi dan ini untuk mendukung ketahanan pangan," ujar Sandi, Jumat (11/5).

Sandi mengatakan, keberadaan laboratorium ini juga berpengaruh dalam mendukung perekonomian. Dijelaskan Sandi, sebelum diekspor hasil perikanan harus melalui pengujian laboratorium sebagai persyaratan kelayakan.

"Kemarin kita lihat 1,2 juta dolar hasil ekspor yang dilakukan pengujiannya di laboratorium ini. Dampaknya kepada ratusan usaha kecil dan usaha-usaha lain yang bergantung pada sertifikasi kita," katanya.

Dakui Sandi, dirinya  sudah memerintahkan Kepala Dinas KPKP untuk memetakan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan, agar mampu menjaga kelayakan pangan sesuai standar yang ditetapkan.

"Dampaknya kepada ekonomi, akan tercipta lapangan kerja. Asupan pangan yang dirasakan bukan hanya untuk ekspor, tapi juga konsumsi lokal," tandasnya.