Pembangunan Jembatan Gantung Srengseng Sawah Dimulai

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Jumat, 04 Mei 2018 15:10 WIB | Dibaca 1049 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi bersama dengan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal hari ini melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jagakarsa.

" Pembangunan jembatan dimulai sejak hari ini dan direncanakan empat bulan selesai"

Rencananya jembatan tersebut akan dibangun dalam jangka waktu empat bulan. Selama proses pembangunan, jembatan eksisting masih tetap bisa digunakan warga untuk menyeberang.

"Pembangunan jembatan dimulai sejak hari ini dan direncanakan empat bulan selesai," ujar Tri di lokasi, Jumat (4/5).

Tri menjelaskan, nantinya jembatan hanya diperuntukkan khusus bagi penyeberangan orang dan tidak untuk motor. Diharapkan pembangunan jembatan ini bisa selesai tepat waktu.

"Saya harap kalau sudah jadi bisa dimanfaatkan. Dan ini bukan untuk motor tapi hanya untuk orang," ucapnya.

Direktur Pelaksana Jembatan Wiratman Karkasa PT Wiratman, Yulianto menambahkan, jembatan ini ditargetkan rampung dikerjakan 14 Agustus 2018 nanti. Anggaran yang dialokasikan untuk proyek ini sebesar Rp 1 miliar.

"Mudah-mudahan dari jadwal 14 Agustus sudah selesai. Jembatan ini akan diberi nama Jembatan Wiratman Karkasa," ucapnya.

Ia mengungkapkan, perencanaan pembangunan jembatan tersebut sepenuhnya berasal dari anggaran Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Wiratman. Sementara anggaran pembangunan fisiknya diperoleh dari 14 sponsor. Diantaranya terdapat beberapa BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. 

"Totalnya ada 14 perusahaan sampai saat ini. Sekarang kita fokus kerjakan bangunan utamanya saja," tandasnya.

Perlu diketahui, jembatan gantung dibangun dengan panjang 51 meter dan lebar dua meter. Jembatan baru dibangun hanya berjarak sekitar dua meter dari jembatan eksisting di wilayah RT 12/02, Srengseng Sawah.