Pemprov DKI-FK UI Jajaki Kerja Sama di Bidang Kesehatan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 03 Mei 2018 17:29 WIB | Dibaca 716 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) melakukan penjajakan kerja sama di bidang kesehatan. Kerja sama ini rencananya akan difokuskan terkait dampak polusi udara terhadap kesehatan ibu dan bayi.

" Saya apresiasi sekali"

Pihak FK UI nantinya akan memberikan bantuan berupa kebutuhan data, publikasi hasil penelitian, peningkatkan tingkat inklusi, termasuk potensi penelitian internasional di masa depan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, dirinya menyambut baik adanya rencana kerja sama ini. Sehingga, diharapkan tingkat kesehatan warga di DKI Jakarta semakin meningkat.

"Saya apresiasi sekali, nanti Dinas Kesehatan DKI Jakarta bisa membantu dan merinci karena banyak kegiatan yang sama," kata Sandi, usai menerima perwakilan dari FK UI, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/5).

Pada kesempatan itu, Sandi juga menawarkan kepada FK UI agar bisa berkolaborasi dengan Jakarta Smart City untuk pemenuhan kebutuhan data dan mendukung rencana penerapan penelitian berbasis aplikasi.

"Kami punya developer di sana. Dinas Kesehatan juga ada aplikasi yang bisa mendukung, ini bisa satu-kesatuan," terangnya.

Sementara, Dekan FK UI, Ari Fahrial Syam menambahkan, penelitian ini penting untuk menilai pengaruh polusi udara terhadap ibu hamil. Dalam dua tahun terakhir, FK UI telah melakukan pengukuran polusi udara di dalam rumah maupun di lingkungan ibu hamil hingga anak yang dilahirkan berusia enam bulan.

"Ada tim yang terlibat untuk pengukuran udara, kita juga bekerja sama dengan Universitas Utrecht," tandasnya.