97 Bangunan di Tepi Kali Tubagus Angke Dibongkar

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 23 Oktober 2014 14:11 WIB | Dibaca 3516 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Sebanyak 97 bangunan yang berada di bantaran Kali Tubagus Angke atau tepatnya mulai dari Jl Kebon Pala hingga Jl Fajar Aladin, Pejagalan, Penjaringan dirobohkan petugas, Kamis (23/10). Setelah ditertibkan, bantaran sepanjang tiga kilometer itu rencananya akan dibangun jalan inspeksi dan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). 

"Kami kesulitan memasang sheet pile lantaran banyaknya bangunan liar. Kalau terjadi rob, sejumlah pemukiman warga jadinya banjir "

Sebelumnya, hampir 10 tahun terakhir, kondisi bantaran Kali Tubagus Angke mulai dari Jl Kebon Pala hingga Jl Fajar Aladin dipenuhi bangunan liar mulai dari lapak pedagang hingga gubuk liar. Parahnya lagi, ruas jalan yang ada menjadi tertutup lantaran aktivitas pedagang hingga sulit dilalui.

Lurah Pejagalan, Alamsyah mengatakan, pihaknya sering menerima keluhan atas kondisi bantaran Kali Tubagus Angke di wilayahnya tersebut. Terlebih, hingga kini bantaran sepanjang tiga kilometer itu tidak sepenuhnya dipasangi sheet pile sehingga kerap memicu terjadinya banjir di RW 06, 07, 14 dan RW 15 Kelurahan Pejagalan.

"Kami kesulitan memasang sheet pile lantaran banyaknya bangunan liar. Kalau terjadi rob, sejumlah pemukiman warga jadinya banjir," ujar Alamsayah, Kamis (23/10).

Camat Penjaringan, Rusdiyanto menambahkan, sudah tiga pekan terakhir ini pihaknya mensosialisasikan rencana penertiban terhdap para pemilik bangunan liar. Bahkan sebagian diantaranya sudah membongkar sendiri bangunannya.

"Hari ini kami membantu warga membersihkan sisa bangunannya yang masih berdiri. Sheet pile juga segera kami pasang pasca penertiban ini," katanya.

Pihaknya, kata Rusdiyanto, mengerahkan 145 personel gabungan yang terdiri dari Satpol PP dibantu TNI/Polri dalam penertiban kali ini.

Pelaksana Normalisasi Kali dan Waduk Provinsi DKI Jakarta, Heriyanto mengatakan, setelah ditertibkan, akan ada pelebaran dan peninggian jalan. Tak hanya itu, jalan sepanjang tiga kilometer ini nantinya juga akan dibetonisasi.

"Akan dilebarkan dari 4,5 meter menjadi 7,7 meter. Jalannya kami tinggikan 1 meter," tandasnya.