UKPD di Jaktim Diusulkan Miliki SDM Kearsipan

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 30 April 2018 20:54 WIB | Dibaca 540 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Timur, Eka Nuretika Putera, mengusulkan agar seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) memiliki tenaga khusus pengelola arsip. Dengan begitu arsip yang dimiliki bisa tersimpan dan tertata dengan baik.

"Petugas ini bekerja di record center masing-masing UKPD "

"Ke depan kami mengusulkan agar setiap SKPD memiliki petugas khusus yang menangani arsip. Petugas ini bekerja di record center masing-masing UKPD. Sehingga arsip dapat ditata dan dikelola dengan baik dan profesional," kata Eka, Senin (30/4).

Menurutnya, perekrutan tenaga khusus kearsipan ini bisa dari eksternal. Mereka dimasukkan sebagai tenaga pekerja harian lepas (PHL). Tentunya diutamakan adalah mereka yang memiliki latar belakang Sarjana Arsip maupun Sarjana Administrasi.

"Mereka juga nantinya akan diberikan diklat oleh Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur agar menjadi tenaga yang terampil di bidang kearsipan," katanya.

Saat ini, sambung Eka, selain di unit yang dipimpinnya, UKPD yang ada belum memiliki tenaga khusus kearsipan. Bahkan di unitnya sendiri, hanya memiliki dua PHL yang menangani arsip. Idealnya, setiap unit minimal memiliki dua tenaga khusus kearsipan.