Dinas SDA Kebut Pembebasan Lahan Waduk dan Sungai

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Selasa, 24 April 2018 19:29 WIB | Dibaca 1200 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk program penanganan banjir tahun ini.

" Di tahun 2018 Dinas Sumber Daya Air telah mengalokasikan anggaran pembebasan lahan. Totalnya Rp 1,3 triliun"

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan, anggaran ini disiapkan untuk pembebasan lahan normalisasi sungai, waduk, situ dan embung yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu.

"Di tahun 2018 Dinas Sumber Daya Air telah mengalokasikan anggaran pembebasan lahan. Totalnya Rp 1,3 triliun," ujarnya, Selasa (24/4).

Teguh merinci, anggaran Rp 1,3 triliun ini dialokasikan untuk pembebasan lahan program normalisasi sungai sebesar Rp 800 miliar. Sementara Rp 500 miliar sisanya disiapkan untuk pembebasan lahan pembangunan  waduk, situ dan embung.

"Jadi fokus kita masih sama seperti tahun lalu, melanjutkan program strategis nasional," jelasnya.

Menurut Teguh, pada tahun ini, pembebasan lahan untuk program normalisasi masih difokuskan di Kali Ciliwung, Pesanggrahan dan Kali Sunter. Sementara untuk pembebasan lahan pembangunan waduk difokuskan di lima lokasi. Masing-masing Waduk Rambutan, Waduk Cimanggis, Waduk Brigief, Waduk Lebak Bulus dan Waduk Marunda.

"Kalau yang di Rawa Kendal kita belum ke sana. Jadi bukannya mangkrak. Tapi memang belum ada lagi pembebasan lahan di lokasi tersebut," tandasnya.