Wagub Dorong 13 TOD di Kawasan MRT Fase I

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Senin, 23 April 2018 22:11 WIB | Dibaca 1200 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mendorong adanya 13 transit oriented development (TOD) di kawasan Mass Rapid Transit (MRT) Fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI).

" Untuk itu, kita ingin ada sinergi dengan BUMN maupun pihak swasta"

Sandi mengatakan, PT MRT Jakarta sudah resmi ditunjuk sebagai operator utama pelaksana konsep TOD yang mengintegrasikan hunian dengan moda transportasi tersebut.

"Ada 13 TOD yang didorong di Fase I. Untuk MRT fase selanjutnya juga akan diterapkan konsep TOD," ujar Sandi, usai menerima paparan terkait TOD MRT, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/4).

Menurutnya, dalam paparan yang disampaikan terdapat sejumlah skema pembangunan berkonsep TOD.

"Prinsipnya, kita ingin meminimalisir anggaran. Untuk itu, kita ingin ada sinergi dengan BUMN maupun pihak swasta," tandasnya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengembangkan pembangunan berkonsep TOD. Tujuannya, untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, mengurai kemacetan, dan menekan polusi udara.

Selain itu, penerapan konsep ini diproyeksikan dapat meningkatkan pola hidup sehat dan aktif, meningkatkan akses kesempatan kerja maupun ekonomi, serta menambah pilihan moda pergerakan di kawasan perkotaan.