72 Peserta OK OCE Terima Bantuan Kredit dari Bank DKI

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 23 April 2018 20:22 WIB | Dibaca 1028 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Sebanyak 72 peserta program kewirausahaan One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) menerima bantuan permodalan melalui skema kredit dari PT Bank DKI.

" kalau bagus bisa top up lagi atau ditambah pinjamannya"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, akses permodalan ini masuk dalam tahapan ketujuh (P7) bagi peserta OK OCE.

"Hari ini luar biasa, bersyukur, kita akhirnya pecah telor. Hari ini sangat bersejarah bagi saya karena kesejahteraan ekonomi di Jakarta menjadi lembaran baru," kata Sandi, usai menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kredit Kepada Peserta OK OCE Secara Massal, di Kantor Camat Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (23/4).

Menurutnya, sebanyak 72 peserta ini adalah pionir yang akan membawa panji-panji bendera tonggak kesuksesan OK OCE.

"Saya ingin fokus menumbuhkan 200.000 pengusaha baru di Jakarta dalam lima tahun mendatang," ungkapnya.

Dijelaskannya, PT Bank DKI menyalurkan kredit secara massal kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pemula binaan OK OCE dengan maksimal plafon kredit per debitur Rp 10 juta dan bunga sebesar tujuh persen.

"Setelah enam bulan, kalau bagus bisa top up lagi atau ditambah pinjamannya," terangnya.

Sandi menambahkan, PT Bank DKI juga memberikan layanan cash pick up dengan mobile collection. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan karena setiap angsuran yang disetorkan akan memiliki struk tanda terima yang sah dan tercatat pada sistem di Bank DKI.

"Gratis dapat cash pick up harian. Pick up harian diambil oleh Bank DKI, angsurannya dijemput, bebas biaya, tidak repot, tidak perlu datang ke bank, ada petugas relationship atau transfer lewat JakOne Mobile juga bisa," tuturnya.

Sementara, Direktur Utama PT Bank DKI, Kresno Sediarsi mengatakan, penyaluran kredit ini merupakan bentuk sinergi positif dengan OK OCE sebagai upaya perluasan penyaluran kredit kepada pelaku UMKM.

"UMKM binaan OK OCE akan menerima fasilitas kredit Monas Pemula. Ini merupakan solusi bagi pelaku UMKM yang baru merintis usahanya," tandasnya.

Untuk diketahui, peserta OK OCE perlu mengikuti tujuh tahapan pasti akan sukses (7 PAS). Tahapan tersebut yakni, P1 (pendaftaran), P2 (pelatihan), P3 (pendampingan), P4 (perizinan), P5 (pemasaran), P6 (pelaporan keuangan), dan P7 (permodalan).