Tambah Dua Alat Berat Percepat Pengerukan Lumpur di KBT Ujung Menteng

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 20 April 2018 09:44 WIB | Dibaca 709 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Dua alat berat dikerahkan untuk pengerukan lumpur Kanal Banjir Timur (KBT) di Ujung Menteng, Jakarta Timur. Pengerukan dilakukan untuk mengurangi sedimen di dasar aliran KBT.

" Sekarang nambah dua alat berat lagi dari Alkal"

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Yoserizal mengatakan, dengan penambahan dua alat berat ini maka kini jumlahnya bertambah menjadi enam unit.

"Sekarang tambah dua alat berat lagi dari Alkal. Ini untuk mempercepat proses pengerukan KBT di Ujung Menteng," kata Yoserizal, Jumat (20/4).

Menurutnya, pengerukan lumpur dilakukan di areal sand trap atau kawasan daerah endapan lumpur di Ujung Menteng. Targetnya lahan yang dikeruk sepanjang 1.000 meter dan saat ini baru 500 meter. Kedalaman pengerukan baru 2,5 meter dari target lima meter. 

"Pengerukan KBT ditarget rampung pada September mendatang," lanjut Yoserizal.

Sementara Kepala Unit Alkal SDA, Rudi Syahrul menambahkan, pihaknya baru mendapatkan tambahan 10 armada baru hasil pengadaan tahun 2018.

"Baru sepekan lalu alat berat ini datang dari Jepang. Dua di antaranya hari ini kita kirim ke KBT di Ujung Menteng untuk mengeruk lumpur," tandasnya.