Keamanan Pangan Lima Pasar di Jaksel Diperiksa

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Selasa, 17 April 2018 20:05 WIB | Dibaca 777 kali
Keamanan Pangan Lima Pasar di Jaksel Diperiksa (Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan kembali menggelar pengawasan keamanan pangan terpadu di wilayahnya.

"Pengecekan sampel pangan dilakukan on the spot "

Kali ini kegiatan pengawasan tersebut dipusatkan di empat pasar tradisional dan satu pasar modern dengan mengambil sampel bahan pangan.

Kepala Sub Bagian Koperasi, UKM Perdagangan Serta Ketahanan Pangan Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Agung Meidya Gutama mengatakan, kelima pasar yang diperiksa masing-masing Pasar Cipete Utara, Pasar Cipete Selatan, Pasar Pondok Labu, Pasar Mede dan pasar swalayan di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Cilandak.

"Pengecekan sampel pangan dilakukan on the spot," ujarnya, Selasa (16/4).

Agung menjelaskan, pengawasan ini untuk mewujudkan pangan yang aman dari bahan berbahaya seperti boraks, rodhamin dan formalin. Selain itu juga sekaligus dilakukan uji kebusukan dan campuran kandungan babi yang ada di daging sapi.

"Sasaran pengawasan pangan terdiri dari komoditas pertanian, peternakan dan perikanan serta olahan yang dijual di pasar tradisional maupun pasar swalayan," ucapnya.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan kali ini, pihaknya mengambil 344 sampel dari lima pasar di lokasi. Rinciannya 150 sampel produk pertanian, 40 sampel produk peternakan dan 135 produk perikanan.

"Ditambah 19 sampel bahan olahan dari BPOM Jakarta. Jadi totalnya 344 sampel," tandasnya.

TOP