8.450 Sampel Pangan di Jakbar Sudah Diperiksa

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 10 April 2018 07:01 WIB | Dibaca 313 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Sebanyak 8.450 sampel pangan yang dijual di pasar tradisional maupun modern di wilayah Jakarta Barat, sudah diperiksa Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), sepanjang Januari hingga Maret 2018. 

"Kami memastikan produk segar pertanian, peternakan dan perikanan layak dikonsumsi warga "

Kasudin KPKP Jakarta Barat, Marsawitri Gumay mengatakan, 8.450 sampel pangan yang sudah diperiksa tersebut terdiri dari 3.900 sampel produk pertanian, 3.510 produk perikanan dan 1.040 sampel produk peternakan. 

"Kami memastikan produk segar pertanian, peternakan dan perikanan layak dikonsumsi warga, serta tidak mengandung zat berbahaya yang dapat mengakibatkan penyakit," ujarnya, Senin (9/4). 

Ia mengatakan, pengawasan keamanan pangan selama 2018 difokuskan di 21 pasar tradisional, lokasi binaan Dinas KUKMP dan empat pasar swalayan. 

Pengawasan keamanan pangan yang rutin digelar setiap bulan selama ini, menurut Marsawitri, membawa dampak positif. Sebab, sebagian besar pedagang yang berjualan di pasar tradisional maupun modern telah menyadari dan memahami sanksi yang bakal dikenakan bila kedapatan menjual produk mengandung zat berbahaya.