Sudinpusip Jaktim Dekorasi Ulang 17 Perpustakaan di RPTRA

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 05 April 2018 20:32 WIB | Dibaca 1374 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Untuk menarik sekaligus meningkatkan minat baca pada anak-anak, 17 perpustakaan yang ada di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Timur didekorasi ulang. Selain penataan rak baca, ruangan pun dibuat semenarik mungkin dengan gambar berwarna warni.

" Ini untuk menambah daya tarik bagi anak-anak agar lebih minat mengunjungi perpustakaan dan membaca buku"

Kepala Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Timur, Eka Nuretika Putera mengatakan, proses dekorasi saat ini masih berlangsung. Dari jumlah itu, baru lima perpustakaan yang proses dekorasinya sudah selesai. Ditargetkan pada bulan April ini proses dekorasi sudah selesai semuanya.

“Seluruhnya berada di 17 RPTRA yang baru selesai dibangun tahun 2017 lalu. Ini untuk menambah daya tarik bagi anak-anak agar lebih minat mengunjungi perpustakaan dan membaca buku,” ujar Nur Etika Putera, Kamis (5/4).

Menurutnya, lima perpustakaan yang sudah selesai didekorasi itu masing-masing berada di RPTRA Rusun Komarudin, RPTRA Damai Indah Rawa Bebek, RPTRA Tanah Merdeka Rambutan, RPTRA Duren Sawit Berseri dan RPTRA Karensa Indah Duren Sawit.

“Selain juga memberikan suasana baru, agar mereka tidak jenuh selama berkunjung ke perpustakaan,” tandasnya.

Disebutkan, dekorasi yang ada di ruang perpustakaan itu terdiri dari berbagai macam gambar. Di menampilkan gambar opelet, bajaj, rumah adat Betawi dan lain sebagainya. Kemudian terdapat pula ornamen Betawi seperti gigi balang, kembang kelapa, ondel-ondel dan sebagainya.