Kecamatan Duren Sawit Panen Bawang Merah di KBT

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 23 Maret 2018 18:11 WIB | Dibaca 871 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, memanen bawang merah jenis dayak di lahan bantaran Kanal Banjir Timur (KBT), Jumat (23/3). Bawang merah ini ditanam empat bulan lalu sebagai program uji coba.

"Baru uji coba saja sudah bagus hasilnya dan sudah ada pengepul yang siap bekerja sama "

Panen ini dilakukan oleh petugas Satpel Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Duren Sawit, Satpol PP kecamatan, kelompok tani dan unsur kelurahan. Lokasi lahan berada tepat di depan RSUK Duren Sawit.

Kasatlak KPKP Duren Sawit, Siti Halimah mengatakan, panen bawang merah dayak ini baru sebagian saja. Saat menanam juga mulanya hanya untuk uji coba. Namun ternyata setelah dicek hasilnya, bibit bawang yang ditanam empat bulan lalu, hasilnya sangat bagus.

"Awalnya tanam bawang merah Dayak di KBT ini hanya uji coba. Ternyata bawang tumbuh subur dan saat dipanen hasilnya sangat bagus," kata Halimah.

Bawang merah dayak ini ditanam oleh Kelompok Tani KBT Mekar Jaya, Kelurahan Duren Sawit, yang menjadi binaannya. Bawang merah ini memiliki kualitas yang sangat bagus untuk obat. Bawang yang dipanennya itu hanya sebagiannya dan masih banyak lagi yang belum dipanen.

"Baru uji coba saja sudah bagus hasilnya dan sudah ada pengepul yang siap bekerjasama. Per kilogramnya dijual seharga Rp 150 ribu. Sangat lumayan bagi peningkatan kesejahteraan kelompok tani binaan kami," tandasnya.