Sudinpusip Jaktim akan Maksimalkan Pojok Bacaan di RPTRA

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 20 Maret 2018 10:35 WIB | Dibaca 902 kali
Sudinpusip Jaktim akan Maksimalkan Pojok Bacaan di RPTRA (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Timur akan memaksimalkan pojok bacaan yang berada di 49 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan juga tiga rusun, untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

"Kita akan gelar berbagai kegiatan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat "

"Kita akan gelar berbagai kegiatan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Kita akui saat ini minat baca masih rendah," ujar Eka Nuretika Putera, Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Selasa (20/3).

Menurut Eka, pihaknya akan menggelar lomba membaca literasi antar RPTRA. Kemudian meningkatkan sosialisasi perpustakaan online. Selain itu menggelar lomba Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba). Dimana di dalamnya ada lomba menulis artikel, referensi buku dan pidato. Pesertanya adalah pelajar SD, SMP hingga SMA.

"Rata-rata jumlah pengunjung pojok bacaan di RPTRA per harinya sekitar 1.300 hingga 1.777 orang. Kita akan tingkatkan lagi hingga naik 50 persen," ucapnya.

Selain di RPTRA, lanjut Eka, pihaknya juga akan melakukan jemput bola dengan perpustakaan keliling. Dengan enam mobil dan dua motor perpustakaan, diharapkan bisa menjangkau komunitas dan kelompok masyarakat yang di permukiman.

"Kami juga akan menambah pojok baca di masyarakat. Jika sudah terbangun komunitas, maka kami bangun pojok baca di lokasi tersebut. Lokasi yang kita bidik terminal, stasiun, puskesmas dsn tempat publik lainnya," tandasnya.

TOP