Tumpukan Sampah di Muara Angke Dibersihkan

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Sabtu, 17 Maret 2018 22:27 WIB | Dibaca 575 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penanganan cepat untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada di sekitar Hutan Mangrove Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

" Secepatnya kita akan selesaikan"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, pembersihan sampah-sampah tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu satu hingga dua pekan mendatang.

"Secepatnya kita akan selesaikan," kata Sandi, Sabtu (17/3).

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim mengungkapkan, untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut hari ini sudah dikerahkan 175 personel dan empat perahu fiber glass. Sementara, untuk pengangkutan di darat dikerahkan sebanyak tujuh unit truk.

"Sampah yang berhasil dibersihkan hingga pukul 17.00 WIB mencapai 101 meter kubik," terangnya.

Menurutnya, sampah yang ada di lokasi tersebut diperkirakan mencapai 1.000 meter kubik. Rencananya, agar sampah dapat lebih cepat dibersihkan, besok pagi akan dikerahkan dua unit eskavator amphibious.

"Pembersihan sampah di lokasi itu akan kami lakukan dengan kehati-hatian karena berada di sekitar hutan mangrove," ungkapnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman menambahkan, pembersihan sampah hari ini sempat terkendala hujan deras.

"Kita juga melihat kontur tanah di sekitar lokasi kurang stabil. Tapi, kita akan berupaya maksimal dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan kerja," tandasnya.