80 Warga Jaktim akan Mengikuti Pelatihan Satpam

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 12 Maret 2018 12:09 WIB | Dibaca 414 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakarta Timur akan mengadakan pelatihan kerja untuk Satpam selama 15 hari, mulai Selasa (13/3) besok. Ada 80 warga yang sudah terdaftar dan siap dilatih.

" Pelatihan Satpam ini hanya untuk warga ber KTP Jakarta Timur. Pendaftar mencapai 97 orang, karena kuota terbatas hanya 80 orang, maka kita lakukan seleksi"

Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Timur Atok Bahroni mengatakan, awalnya ada 97 warga yang melamar untuk pelatihan. Namun setelah diseleksi dan verifikasi data, hanya 80 orang yang bisa mengikuti pelatihan.

"Pelatihan Satpam ini hanya untuk warga ber KTP Jakarta Timur. Pendaftar mencapai 97 orang, karena kuota terbatas hanya 80 orang, maka kita lakukan seleksi," kata Atok, Senin (12/3).

Usia peserta antara 19-40 tahun, dengan tinggi badan pria minimal 165 sentimeter dan wanita minimal 155 sentimeter. Mereka juga harus memiliki surat pernyataan pencari kerja. Pelatihan dilakukan di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

"Yang lulus mendapatkan pakaian seragam dan sertifikat dari Polda Metro Jaya. Bahkan kita salurkan ke sejumlah perusahaan yang bermitra dengan Sudin Nakertrans Jakarta Timur," tandasnya.

Pelatihan yang diberikan materinya antara lain tentang disiplin, ilmu tenang Satpam. Kemudian pelatihan fisik, beladiri, pengetahuan umum dan sebagainya. Pada tahun 2017 lalu, dari 40 peserta, 35 di antaranya telah disalurkan ke beberapa perusahaan swasta.