Dua Rangkaian Kereta MRT Diberangkatkan dari Jepang

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 07 Maret 2018 21:18 WIB | Dibaca 459 kali
(Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Dua rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) telah diberangkatkan dari Jepang menuju Jakarta dengan menggunakan jalur laut, Rabu (7/3). Tiap rangkaian masing-masing terdiri dari enam gerbong.

"Sekarang sudah di Tokyo Port dan hari ini sudah berangkat menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara "

Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Tugabus Hikmatullah mengatakan, untuk pengirimannya menggunakan kapal Ellensborg berbendera Denmark yang sebelumnya telah berangkat dari Toyohashi Port menuju Tokyo Port.

"Sekarang sudah di Tokyo Port dan hari ini sudah berangkat menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jika cuacanya bagus, maka akan tiba di Jakarta pada 23 Maret 2018," ujarnya, Rabu (7/3).

Dikatakan Hikmat, pengiriman ini merupakan pengiriman rangkaian perdana dari total 16 rangkaian yang dipesan. Kereta yang diangkut tersebut telah menempuh sejumlah tes, mulai dari kecepatan angin yang mencapai 14-20 km per jam, hingga suhu udara di Jepang yang sangat dingin yaitu di kisaran 5-9 derajat celcius .

"Tadinya yang mau dikirim tiga rangkaian, akan tetapi untuk yang satu rangkaian belum dilakukan uji kelaikan sehingga belum bisa dikirim. Sisanya masih dalam tahapan pembuatan," tandasnya.