Dua IPAL Komunal di Rawa Badak Selatan Siap Dioperasikan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 22 Februari 2018 22:01 WIB | Dibaca 549 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Dua unit instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, yang dibangun dengan dana bantuan Islamic Development Bank (IDB), kini sudah siap dioperasikan. 

"Nanti limbah dari masing-masing rumah dialirkan ke IPAL melalui pipa "

Ketua Dewan Kota Jakarta Utara, Bambang Setiono mengatakan, kedua IPAL terletak di RT 08 dan RT 03 RW 01 Rawa Badak Selatan. Masing-masing IPAL di RT 08 akan melayani 76 warga dan RT 03 melayani 63 warga.

"Nanti limbah dari masing-masing rumah dialirkan ke IPAL melalui pipa. Sudah kita instalasi tinggal diresmikan," katanya, Kamis (22/2).

Dijelaskan Bambang, pipa yang menghubungkan dari rumah ke pipa utama IPAL memiliki diameter empat dan tiga inci. Sedangkan pipa utama memiliki diameter enam inci. 

Ditambahkan Bambang, nantinya limbah dari aliran saluran utama akan dipilah dalam bak penampungan berukuran 40x40 sentimeter yang dinamakan gastrap. Limbah dalam bentuk minyak, sabun dan lemak akan tersaring di gastrap tersebut.

Selanjutnya, setelah keluar dari gastrap, air akan ditampung dalam tiga kolam penampungan. Masing-masing kolam berfungsi untuk memilah bakteri, penjernihan dan penampungan air jernih. "Hasilnya nanti bisa dimanfaatkan lagi," tandasnya.