Pemprov DKI Gagas Gerakan Bebas Sampah

Reporter : Oki Akbar | Editor : Andry | Kamis, 22 Februari 2018 17:40 WIB | Dibaca 528 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggagas gerakan tiga bulan bebas sampah di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

" Tidak hanya tiga bulan bebas sampah, sepanjang tahun kami siap mewujudkan bebas sampah di Ibukota"

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya siap menyukseskan peringatan HPSN melalui gerakan tersebut. 

"Tidak hanya tiga bulan bebas sampah, sepanjang tahun kami siap mewujudkan bebas sampah di Ibukota. Apalagi tahun ini Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games," ujarnya, Kamis (22/2).

Isnawa menjelaskan, gerakan tiga bulan bebas sampah ini sekaligus menindaklanjuti rekomendasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada praktiknya, gerakan ini akan mengoptimalkan berbagai program kebersihan.

Antara lain seperti optimalisasi bank sampah, sosialisasi dan edukasi ke warga agar tidak sembarangan membuang sampah dan optimalisasi program gerebek sampah.

"Kita mengharapkan partisipasi publik yang besar dalam gerakan ini," katanya.

Isnawa menambahkan, dalam gerakan ini, pihaknya juga akan menggandeng komunitas yang konsen terhadap pengelolaan sampah. Hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pak Gubernur ingin masyarakat terlibat dan menjadikan pengelolaan sampah sebagai gerakan," tandasnya.