Sudinpusip Jakpus Tempatkan Perpustakaan Keliling di Sekolah dan Rusun

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 21 Februari 2018 21:11 WIB | Dibaca 512 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat tahun ini akan memfokuskan titik layanan perpustakaan keliling di sekolah-sekolah dasar serta rumah susun (Rusun).

"Kita punya enam unit mobil perpustakaan keliling, dua unit motor kecil dan dua unit motor besar "

Titik tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menempatkan perpustakaan keliling di permukiman warga. "Mungkin karena banyak yang bekerja dan sekolah, atau mengurusi keperluan rumah tangga. Jadi tahun ini, kita lebih fokus ke sekolah-sekolah dasar dan rusun,” ujar Meti Lastri, Kepala Sudinpusip Jakarta Pusat, Rabu (21/02).

Untuk titik layanan, setiap hari terdapat 20 titik layanan baik pagi maupun siang. Untuk pagi, pihaknya menyasar kepada sekolah-sekolah dasar, mulai jam 09.00-10.00. Kemudian sore menyasar ke rusun dan sekolah siang.

"Kita punya enam unit mobil perpustakaan keliling, dua unit motor kecil dan dua unit motor besar. Sekolah yang berada di gang kita kerahkan motor kecil, jadi semua sekolah terjangkau," katanya.

Pelayanan ini berlangsung dari Senin-Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat digunakan untuk menata buku. "Di taman biasanya setiap hari Sabtu dan Minggu, yaitu Taman Menteng, dan Monas,” tandasnya.