Sandi Bahas Potensi Kerja Sama Jakarta-Tokyo

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 21 Februari 2018 15:54 WIB | Dibaca 1344 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang. Kedatangan Sandi diterima langsung Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang, Arifin Tasrif.

" Jakarta dan Tokyo sudah menjalin kerja sama melalui Sister City"

Dikatakan Sandi, dalam pertemuan tersebut dibahas potensi kerja sama yang bisa dilakukan antara Tokyo sebagai Ibukota Jepang dan DKI Jakarta sebagai Ibukota Indonesia.

"KBRI ini merupakan representasi pemerintah Indonesia di Tokyo, Jepang. Kami berharap, ada bantuan diplomasi untuk kelanjutan kerja sama proyek MRT," ujar Sandi, Rabu (21/2).

Dijelaskannya, selain di bidang transportasi, dirinya menginginkan kerja sama di bidang olahraga, seni dan budaya, dapat terjalin lebih erat.

"Jakarta dan Tokyo sudah menjalin kerja sama melalui Sister City," terangnya.

Menurutnya, Jakarta juga akan belajar kepada Jepang dalam penciptaan lapangan kerja di bidang jasa maupun ekonomi kreatif.

"Untuk bidang pangan, ada keinginan dari Pemprov DKI untuk twining pasar antara Tokyo dan Jakarta sebagai bentuk peringatan hari jadi kerja sama Indonesia-Jepang ke-60," ungkapnya.

Sandi menambahkan, sistem penanganan bencana, terutama gempa dan kebakaran yang sudah dilakukan di Jepang perlu dipelajari Pemprov DKI.

"Jepang dinilai sebagai negara yang mampu mencegah dan menangani bencana dengan baik," tandasnya.