Saluran Penghubung di Cengkareng Timur Bakal Dinormalisasi

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 16 Februari 2018 01:24 WIB | Dibaca 824 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat, akan menormalisasi saluran penghubung (PHB) Cengkareng Timur. Langkah ini dilakukan untuk menanggulangi genangan yang kerap terjadi di ruas Jalan Taman Palem.

" Adanya saluran PHB yang terputus mengakibatkan proses penanganan genangan di sekitar Taman Palem berjalan lambat"

Kepala Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Imron mengatakan, saluran PHB yang terputus karena banyak berdiri bangunan permanen serta kondisi permukaan jalan yang rendah, memicu terjadinya genangan di lokasi tersebut.

"Adanya saluran PHB yang terputus mengakibatkan proses penanganan genangan di sekitar Taman Palem berjalan lambat. Genangan akan surut paling lambat beberapa jam setelah hujan lebat berhenti," ujar Imron, Kamis (15/2). 

Ia menambahkan, normalisasi saluran PHB untuk penanggulangan genangan di lokasi ini telah ditangani di tingkat kota Jakarta Barat bersama instansi terkait. 

"Kami masih menunggu tindak lanjut rencana penertiban bangunan liar di atas saluran PHB. Jika sudah ditertibkan, kami akan bekerja membuat saluran baru sehingga genangan di Jalan Taman Palem bisa tuntas," tandasnya.

Berdasarkan pantauan Beritajakarta, Kamis (15/2) siang, air dari saluran PHB meluap sehingga ruas Jalan Taman Palem ditutup sementara, karena ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.