Pemprov DKI Bakal Gandeng HCC untuk Tata Permukiman di Penjaringan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 13 Februari 2018 19:15 WIB | Dibaca 403 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menjalin kerja sama dengan Huan Cities Coalition (HCC) untuk melakukan penataan permukiman di Penjaringan, Jakarta Utara.

" Kehadiran Rumah Hybrid ini merupakan sebuah terobosan baru"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, konsep penataan akan dilakukan dengan membangun Rumah Hybrid agar warga bisa menempati hunian yang lebih layak dan memenuhi standar kesehatan

"Kehadiran Rumah Hybrid ini merupakan sebuah terobosan baru. Kita akan menjalin kerja sama dengan HCC untuk merealisasikan proyek tersebut," ujar Sandi, usai membuka acara Stekeholders Meeting Huan Cities Coalition, di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

Dijelaskannya, Rumah Hybrid ini menjadi bagian dari konsep pembangunan lingkungan permukiman yang terpadu dengan melibatkan partisipasi masyarakat pemilik tanahnya melalui skema konsolidasi tanah (land consolidation).

"Melalui penataan ini memungkinkan warga tidak perlu pindah jauh dari tempat tinggalnya saat ini," katanya.

Sementara, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Muadzin Mungkasa menambahkan, pembangunan Rumah Hybrid ini rencananya diuji coba dalam waktu dekat.

"Kami ingin ini menjadi center of excellence dan percontohan dalam menangani rumah tidak layak huni bagi daerah lain di Indonesia," tandasnya.