Pemkot Jakut Kaji Pembuatan Crossing di Rorotan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 06 Februari 2018 18:50 WIB | Dibaca 462 kali
Pemkot Jakut Kaji Pembuatan Crossing di Rorotan (Foto : Humas Jakarta Utara / Beritajakarta.id)

Pemeritah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, berencana membuat crossing dari saluran Jl Inspeksi menuju Kali Cakung Drain sebagai solusi menangani genangan di permukiman warga RW 05 Kelurahan Rorotan, Cilincing.

" Penanganan juga akan melibatkan swasta sehingga ada solusi bersama"

Selama ini, sebanyak enam RT di RW 05 Kelurahan Rorotan kerap tergenang dengan ketinggian hingga satu meter saat terjadi hujan deras.

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, kontur sebagian kawasan di RW 05 berada di wilayah cekungan. Alhasil, saat terjadi hujan deras air sulit dialirkan keluar ke sejumlah saluran makro. "Solusinya harus ada crossing mengeluarkan air ke Cakung Drain. Crossing di Jl Inspeksi ke Cakung Drain," ujarnya, Selasa (6/2).

Diakui Husein, proses pembuatan crossing membutuhkan waktu lama dan harus melalui kajian teknis terlebih dahulu. Apalagi, aliran crossing juga melewati lahan sejumlah perusahaan sehingga perlu dilakukan sinergi.

"Teknisnya akan kita koordinasikan dengan Sudin Sumber Daya Air. Penanganan juga akan melibatkan swasta sehingga ada solusi bersama," tegasnya.

Ketua LMK Rorotan, Khaerudin menambahkan,  genangan di wilayahnya sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Genangan terjadi permukiman warga RT 01, 02, 03, 05, 06 dan RT 12 RW 05 Rorotan.

"Puncaknya, genangan di permukiman warga mencapai lebih dari satu meter. Ada sekitar 500 kepala keluarga yang terdampak," tandasnya.

TOP