Sudin SDA Jakbar Antisipasi Genangan di Jl Mangga Besar I

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 05 Februari 2018 17:24 WIB | Dibaca 685 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, siap mengantisipasi genangan yang terjadi di Jl Mangga Besar I, Taman Sari, jika anak Kali CIliwung meluap akibat kiriman air dari Bendung Katulampa Bogor. 

" Untuk antisipasi hal itu kami sudah siagakan pompa air yang berada di Pintu Air Pinangsia"

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat, Imron Syahrin mengatakan, kiriman dari Katulampa akan masuk ke pintu Manggarai, Jakarta Selatan. Selanjutnya, air akan mengalir ke Pintu Air Masjid Istiqlal dan Kanal Banjir Barat (KBB). 

"Jika pintu air di depan Masjid Istiqlal dibuka, luapan air dari Katulampa akan masuk ke anak Kali Ciliwung di kawasan Mangga Besar, Taman Sari," kata Imron, Senin (5/2). 

Ia mengungkapkan, kawasan Jalan Mangga Besar I akan tergenang setinggi 30 sentimeter jika luapan dari Katulampa masuk ke anak Kali Ciliwung.  

"Untuk antisipasi hal itu kami sudah siagakan pompa air yang berada di Pintu Air Pinangsia," tuturnya.  

Imron menjelaskan, untuk jangka panjang pihaknya akan membangun sheet pile di anak Kali Ciliwung yang melintas di kawasan Mangga Besar pada tahun ini.  

"Selain pembangunan sheet pile, akan dibangun pompa air untuk mengatasi genangan di Jalan Mangga Besar I. Jika ini terealisasi, banjir akibat luapan air Katulampa bisa tuntas akhir 2018," tandasnya.