Sudin PPAPP Jakpus Tambah Konselor di RPTRA

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 29 Januari 2018 18:16 WIB | Dibaca 670 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat akan melengkapi posko pengaduan kekerasan perempuan dan anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rustanti dan Harapan Mulya dengan konselor.

" Februari nanti kekuatan kita akan ditambah dengan adanya konselor dari Dinas PPAPP yang bertugas di posko"

"Februari nanti kekuatan kita akan ditambah dengan adanya konselor dari Dinas PPAPP yang bertugas di posko," ujar Erma Suryani, Kepala Sudin PPAPP Jakarta Pusat, Senin (29/1).

Menurut Erma, saat ini masih sangat jarang perempuan yang mau mengadukan atau berkonsultasi mengenai kejadian kekerasan yang dialaminya. Padahal dengan begitu, akan ada solusi-solusi yang dicarikan konselor.

"Ini biasanya karena mereka takut dan malu melapor. Seharusnya perempuan yang mengalami kekerasan rumah tangga atau siapapun harus berani melaporkan. Supaya bisa dicegah," ucapnya.

Pihaknya menilai, selama ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kekerasan dalam rumah tangga di antaranya tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, keharmonisan keluarga, dan narkoba.

"Kita selalu terjun ke masyarakat. Masuk ke dalam kegiatan arisan, ataupun kegiatan lainnya di RPTRA, untuk melakukan edukasi dan penyuluhan mengenai hal ini" tandasnya.