Sudin LH Jaktim akan Bangun Bank Sampah Induk

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 29 Januari 2018 09:20 WIB | Dibaca 804 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Timur berencana membangun bank sampah induk di Asrama Dinas Lingkungan Hidup, RW 01, Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit. Pembangunan dan pengoperasian akan melibatkan pihak perbankan swasta.

" Saat ini sedang proses perancangan desainnya. Kita kerjasama dengan perbankan"

Kepala Seksi Kebersihan dan Pengolahan Limbah B3 Sudin LH Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan, pembangunan bank sampah induk ini sebagai salah satu upaya mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Kita akan bangun bank sampah induk di Pondok Bambu. Saat ini sedang proses perancangan desainnya. Kita kerjasama dengan perbankan," kata Wahyudi Rudianto, Senin (29/1).

Menurutnya, dengan adanya bank sampah induk maka nantinya warga akan menjadi agen di setiap wilayahnya. Mereka dapat menyetorkan sampah yang dapat dijual kembali kepada masyarakat. 

"Lahan sudah kita siapkan seluas 600 meter persegi untuk pembangunan bank sampah induk. Itu merupakan lahan Pemprov DKI," tandasnya.

Pada bank sampah induk ini nantinya semua transaksi dilakukan secara non tunai (cashless). Sebab pihak perbankan yang bekerjasama, siap mendukung dan merancang transaksi dengan sistem tersebut.