600 Petugas Gabungan Bersihkan Kawasan Danau Sunter

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Minggu, 21 Januari 2018 19:12 WIB | Dibaca 697 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sekitar 600 petugas gabungan menggelar aksi kerja bakti di kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (21/1). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dalam penataan Danau Sunter jelang digelarnya event Festival Danau Sunter pada Februari mendatang.

"Karena nantinya dari kanstin sampai tepi danau semua permukaannya rata "

Dengan menggunakan peralatan sederhana, ratusan petugas gabungan membersihkan kawasan Danau Sunter sisi barat dan selatan. Terutama puing-puing dalam beberapa hari terakhir ini.

Sejumlah puing bekas warung, lapak, langsung dinaikkan ke truk sampah yang telah siapkan. Kemudian sebagian petugas menoping pohon yang rindang dan menghalangi pencahayaan lampu penerang jalan umum (PJU) di areal danau.

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena kawasan Danau Sunter masih perlu penataan.

"Kawasan Danau Sunter akan terus kita tata. Karena masih banyak puing dan sampah berserakan. Kalau semua sudah bersih maka kita lakukan penataan ulang," kata Murad saat memimpin kerja bakti tersebut.

Menurutnya, aksi kerja bakti ini melibatkan sekitar 600 petugas gabungan. Berasal dari unsur Satpol PP, Sudin Lingkungan Hidup, Sumber Daya Air, Bina Marga, Perhubungan, kelurahan, kecamatan dan unsur terkait lainnua, penanganan prasarana dan sarana umum turut dilibatkan.

"Lahan juga kita ratakan, yang berlubang kita urug. Karena nantinya dari kanstin sampai tepi danau semua permukaannya rata. Kita bangun plaza di sisi barat danau," tandasnya.

Penataan kawasan Danau Sunter akan terus dilakukan sampai kondisinya benar-benar rapi. Semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait diimbau untuk terus bekerja sama menata Danau Sunter.