Anies Hadiri Peringatan Hubungan Diplomatik RI-Jepang

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 19 Januari 2018 23:00 WIB | Dibaca 865 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri acara peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (19/1) malam.

"Kita berharap tahun depan, kerja sama Indonesia denganJepang, khususnya dengan Provinsi DKI Jakarta bisa ditingkatkan "

Dalam sambutannya, Anies mengatakan, sejak 1958 Indonesia dan Jepang  menjalin hubungan diplomatik. 

"Jepang dan Indonesia  memiliki cerita kaitan ataupun karya budaya," ujarnya. 

Ia menambahkan, Jakarta dan Tokyo memiliki hubungan khusus yakni sister City sejak  1989. 

"Kedua Ibukota negara ini secara aktif bekerja sama yakni di bidang transportasi, pengolahan limbah dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia," ujarnya. 

Anies berharap, peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang ini dapat meningkatkan hubungan antara dua Ibukota negara yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga kedua negara.

Dengan kedatangan utusan khusus Perdana Menteri Jepang, Tosiro Nikei, lanjut Anies, maka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang bukan saja penting tapi juga menyiapkan langkah kerja sama konkret ke depan. 

"Kita berharap tahun depan, kerja sama Indonesia denganJepang, khususnya dengan Provinsi DKI Jakarta bisa ditingkatkan," katanya. 

Ia menambahkan, di Jakarta saat ini sedang dibangun moda transportasi MRT yang merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan Jepang yang dalam waktu dekat dapat dirasakan manfaatnya. 

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada semua yang telah bekerja merawat hubungan baik antara dua negara. Semoga perjalanan ke depan dapat memberikan manfaat bagi semua," tandasnya.