Anies akan Maksimalkan Peran BKSP Jabodetabekjur

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 08 Januari 2018 16:09 WIB | Dibaca 1255 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan lebih memaksimalkan peran Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur) sebagai wadah forum komunikasi pembangunan dan penyelesaian masalah. Dengan begitu, kebijakan yang ditetapkan akan memiliki dampak yang maksimal.

" Kita ingin warga Jakarta, Banten, dan Jawa Barat merasakan konsistensi kebijakan"

"Kalau hanya mengelola berdasar ego kewilayahan hanya mengurusi wilayahnya sendiri tanpa koordinasi dengan yang lain, maka terobosan bisa jadi tidak memiliki dampak yang diharapkan," ujar Anies, usai menerima serah terima jabatan Ketua BKSP Jabodetabekjur dari Gubernur Banten, Wahidin Halim, Senin (8/1).

Dikatakan Anies, persoalan yang dihadapi warga di tiga provinsi yang dibawahi oleh BKSP yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat tidaklah jauh berbeda. 

Karena itu, lanjut Anies, isu-isu yang berimplikasi lintas wilayah, seperti persoalan dampak lingkungan hidup, kependudukan, transportasi, air bersih dan perdagangan, harus dicarikan solusi yang integratif.

"Langkah yang akan kita lakukan adalah BKSP menjadi tempat Forum Komunikasi. Masalah yang perlu penyelesaian lintas sektor bisa dibicarakan dan dicarikan solusi bersama," katanya.

Dengan menjadi wadah forum komunikasi, Anies berharap ada konsistensi kebijakan di tiap wilayah dalam merencanakan pembangunan. Sehingga penyelesaian persoalan antar wilayah bisa selaras dan mencapai hasil yang maksimal.

"Intinya kita ingin warga Jakarta, Banten, dan Jawa Barat merasakan konsistensi kebijakan," tandasnya.