40 Warga Koja Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 04 Januari 2018 17:22 WIB | Dibaca 930 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 40 warga mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran di halaman Musala Al Zaronnah, RW 03 Kelurahan Koja, Koja, Jakarta Utara. Materi dan praktik pemadaman dilakukan agar warga bisa siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran di permukimannya.

" Pelatihan ini rutin kita lakukan. Selain menyiapkan mental warga, juga bisa mengurangi frekuensi kebakaran"

"Pelatihan ini rutin kita lakukan. Selain menyiapkan mental warga, juga bisa mengurangi frekuensi kebakaran," ujar Satriadi Gunawan, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Kamis (4/1).

Menurutnya, dalam pelatihan ini, para peserta selain mendapatkan edukasi tentang bahaya kebakaran, mulai dari teknik pencegahan hingga penanggulangannya secara teori. Mereka juga mendapatkan praktik pemadaman api menggunakan karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR).

Muslihah (42), seorang warga mengaku senang adanya pelatihan seperti ini. Sebab ia mengaku terlatih mentalnya agar tidak panik saat terjadi kebakaran.

"Kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang penanggulangan kebakaran. Yang penting tidak boleh panik maupun ragu," tandasnya.