Pemprov DKI Jajaki Kerja Sama Sistem Sewa Sepeda

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 02 Januari 2018 16:51 WIB | Dibaca 3774 kali
Pemprov DKI Jajaki Kerja Sama Sistem Sewa Sepeda (Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjajaki kerja sama penggunaan sepeda melalui sistem sewa dengan oBike Indonesia. Penggunaan sepeda untuk mendukung aktivitas masyarakat ini dinilai penting untuk mewujudkan Jakarta yang semakin ramah lingkungan.

" Saya ingin Jakarta lebih masuk ke perilaku metropolis"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, ada gagasan untuk warga yang akan menempuh jarak di bawah 500 meter cukup berjalan kaki, penggunaan sepeda untuk jarak tempuh maksimal 2,5 kilometer, dan jika lebih dari itu menggunakan moda transportasi umum.

"Saya menginstruksikan Jakarta Smart City (JSC) untuk melakukan sharing dan pendekatan dari big data dengan oBike Indonesia. Saya ingin Jakarta lebih masuk ke perilaku metropolis," ujar Sandi, usai melakukan pertemuan dengan perwakilan oBike Indonesia, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/1).

Menurutnya, sebagai leading sector, JSC harus melakukan komunikasi intensif dengan pihak oBike Indonesia. Sehingga, pilot case dapat segera ditentukan dan dilakukan pendekatan secara multisektor.

"Saya berikan waktu bagi JSC dan oBike Indonesia untuk menjajaki kerja sama ini paling lambat satu bulan," katanya.

Sementara, Kepala UP JSC, Setiaji menambahkan, ada dua fokus proyek percontohan untuk menerapkan sistem sewa sepeda ini yakni, di kawasan tertutup, khususnya tempat wisata seperti Monas dan Ancol. Kemudian, kawasan tidak tertutup yaitu, kawasan Kebon Sirih dan sekitarnya.

"Dua hal itu yang akan kita coba sasar untuk mendapatkan perilaku dari pemanfaatan bike sharing, terutama untuk jarak dekat," tandasnya.

TOP