• EKONOMI
  • 3 BUMD DKI Berbagi Pengalaman di Forum Capacity Building TPID se-Indonesia

3 BUMD DKI Berbagi Pengalaman di Forum Capacity Building TPID se-Indonesia

 3 BUMD Pangan DKI Menjadi Narsum di TPID se-Indonesia

Tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yakni, PT Food Station Tjpinang Jaya, PD Dharma Jaya, dan PD Pasar Jaya diminta berbagi pengalaman dalam forum Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Indonesia.

" Kami menghadirkan BUMD DKI untuk berbagi pengalaman"

Deputi Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Bambang Pramono menuturkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 210 peserta dari 34 provinsi. Tujuannya, meningkatkan kemampuan dari seluruh pemerintah provinsi dalam menekan laju inflasi.

"Kami menghadirkan BUMD DKI untuk berbagi pengalaman. Terutama, mengelola sistim perdagangan, sistem retribusi dan operasi pasar," kata Bambang, di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

Menurutnya, tema yang diusung dalam forum ini yaitu, bagaimana memberdayakan BUMD dalam melaksanakan fungsi sosial dan fungsi profit untuk mengendalikan inflasi melalui pengelolaan pasokan, serta distribusi antar provinsi maupun daerah.

Direktur Utama PD Dharma Jaya, Marina Ratna Dwi Kusuma Jati mengungkapkan, dalam mengelola perusahaan dengan tugas memenuhi kebutuhan daging di Jakarta sudah dilakukan secara profesional.

"Kami mengoptimalkan SDM dan menjaga kualitas daging sapi, serta tetap berinovasi dalam menghasilkan produk sendiri seperti, pupuk kompos. Selain itu, kami juga gencar menjalin kerja sama di semua sektor agar laba perusahaan terus meningkat," ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi menyatakan, dalam meningkatkan dan memajukan BUMD yang dikelola, harus dimulai dengan menerapkan kedisplinan kepada setiap pegawai.

Tidak kalah penting, sambungnya, konsep Good Corporate Governance (GCG) untuk mengelola stok beras, mengatur pendistribusian produk usaha, memastikan harga di pasar terjaga dan stabil harus diterapkan.

"Forum ini sangat efektif dan perlu diapresiasi untuk berbagi pengalaman dalam mengelola BUMD. Semoga yang sudah kami sampaikan betul-betul bermanfaat bagi peserta yang hadir," tandasnya.