Pemprov DKI Dukung Kegiatan Keriaan Betawi Jatinegara

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 25 Oktober 2017 10:10 WIB | Dibaca 1120 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung pelaksanaan Keriaan Betawi Jatinegara Tahun 2017 di Gedung eks Kodim 0505, Jatinegara, Jakarta Timur, pada 25-28 Oktober mendatang.

" Kami berperan memfasilitasi sekaligus siap berkolaborasi untuk mendukung keberlangsungan pelaksanaan acara"

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menilai, acara yang diselenggarakan oleh Gerbang Betawi bekerjasama dengan Jakarta Tourisindo ini bisa menjadikan budaya Betawi sebagai tulang punggung bangkitnya pariwisata di Jakarta.

"Intinya bagaimana kita meningkatkan dan mengoptimalisasi pusat-pusat kebudayaan Betawi yang sempat jadi jawara dan belum terangkat lagi," kata Sandi, Rabu (25/10).

Menurutnya, bentuk kemitraan antara pemerintah dengan komunitas masyarakat ini akan menjadi model pengembangan kearifan lokal di waktu mendatang.

"Kami berperan memfasilitasi sekaligus siap berkolaborasi untuk mendukung keberlangsungan pelaksanaan acara," terangnya.

Ia menambahkan, nanti saya akan berkoordinasi dengan jajaran SKPD/UKPD terkait untuk menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan.

"Ada kebutuhan seperti penyediaan ambulans, toilet mobile, dan hal lainnya berkaitan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan," ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Keriaan Betawi Jatinegara 2017, Sylviana Murni menambahkan, acara akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan seperti, musik, lomba cerpen, lomba menyanyi, layar tancap, pameran lukisan, atraksi silat, dan 3D Mapping Performance bertemakan "Betawi Dulu, Kini, dan Mendatang".

"Gerbang berkeinginan membantu Pemprov DKI yang memiliki komitmen untuk mengembangkan kebudayaan yang ada, timbul hidup berkembang tapi ikonnya tetap Betawi," tandasnya.