• TRANSPORTASI
  • Lalu Lintas Jl Melawai Raya akan Diuji Coba Satu Arah

Lalu Lintas Jl Melawai Raya akan Diuji Coba Satu Arah

Atasi Kemacetan, Sudin Perhubungan Jaksel Akan Uji Coba Lalulintas SSA di Jl Melawai Raya

Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan akan melakukan uji coba lalu lintas jalan Sistem Satu Arah (SSA) di Jl Melawai Raya, Kebayoran Baru. 

" Karena jalan itu akan dilalui oleh tamu-tamu negara dalam perhelatan Asian Games. Maka, perlu dilakukan uji coba untuk mengurai kemacetan"

 

Kepala Sudinhub Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, uji coba ini dilakukan karena selama ini jalan tersebut mengalami kemacetan yang luar biasa. Selain itu, uji coba dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat berlangsungnya Asian Games 2018.

 

"Karena jalan itu akan dilalui oleh tamu-tamu negara dalam perhelatan Asian Games. Maka, perlu dilakukan uji coba untuk mengurai kemacetan," ujarnya, Kamis (11/10).

 

Adapun jalan yang akan diberlakukan satu arah tersebut, yakni dari Gandaria ke arah Jl Iskandarsyah. Selain itu dari simpang Taman Ayodya ke arah simpang Jl Iskandarsyah. 

 

Untuk itu, bagi kendaraan yang berasal dari Jalan Iskandarsyah Raya menuju Gandaria bisa melalui Jl Wijaya II-Jl Wijaya 13-Jl Barito II atau melalui Jl Trunojoyo– Jl Kyai Maja-Jl Barito I.

Sementara untuk angkutan umum Metro Mini 69, 70, 71, 74, 611 dan Kopaja 608, 609, serta 613 yang awalnya dapat melintas dua arah di Jl Melawai, dialihkan ke Jl Trunojoyo dan Jl Kyai Maja. Untuk Metro Mini 72 dan 610 yang melawati Jl Melawai berputar melalui Jl Sultan Hasanudin-Jl Panglima Polim Raya.

 

"Jl Iskandarsyah Raya, Jl Wijaya, Jl Barito I, Jl Barito II, Jl Panglima Polim Raya tetap berlaku dua arah," kata Christianto.

 

Ia menambahkan, agar penerapan SSA berjalan lancar, pihaknya saat ini tengah melakukan sosialisasi kepada warga setempat serta kepada awak angkutan umum yang menjadikan Jl Raya Melawai sebagai rute utama.

 

"Saat ini kami telah sebar pamflet perubahan rute pada beberapa angkutan umum," tandasnya.