• PEMBANGUNAN
  • Djarot Canangkan Pembangunan Venue Perahu Layar dan Jetski

Djarot Canangkan Pembangunan Venue Perahu Layar dan Jetski

Pembangunan Venue Perahu Layar dan Jetski Ditarget Rampung 7 Bulan

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mencanangkan pembangunan venue Asian Games untuk cabang olahraga perahu layar dan jetski, dermaga serta rumah singgah Kabupaten Kepulauan Seribu di kawasan Barat Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. 

" Ini sebagai kado bagi warga Jakarta dan Pulau Seribu agar bisa dibanggakan"

Lahan venue perahu layar, dermaga dan rumah singgah dibangun di atas lahan seluas 2,68 hektare lahan kewajiban kompensasi lima persen dari reklamasi Ancol tahun 1995 lalu. Sedangkan venue Jetski dibangun di Pantai Indah Ancol, dengan luas lahan 1,6 hektare.

"Kita meletakkan batu pertama untuk dua lokasi sekaligus. Dermaga, rumah singgah dan venue perahu layar serta venue jetski," katanya, Kamis (12/10).

Dijelaskan Djarot, pembangunan kedua venue dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran sebesar Rp 185 miliar. Sementara pembangunan dermaga dan rumah singgah dilaksanakan oleh PT Pelindo 2 sebagai kewajiban pengembang.

Setelah pembangunan rampung, diharapkannya seluruh fasikitas tidak hanya diperuntukkan saat pelaksanaan Asian Games 2018. Ke depannya, pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pemerintah pusat dan asosiasi olahraga bisa sinergi memaksimalkan pemanfaatan.

"Saya harap bisa cepat selesai, kami bangun Mal Pelayanan Publik selesai tiga pekan. Ini sebagai kado bagi warga Jakarta dan Pulau Seribu agar bisa dibanggakan," ujarnya. 

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Venue Layar dan Jetski Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Eki Arsita Rizki menambahkan, idealnya pembangunan ini memakan waktu delapan hingga 10  bulan. Namun, pihaknya akan mempercepat proses pengerjaan sesuai permintaan gubernur.

"Kalau di bawah enam bulan tidak mungkin. Target hitungan kita sekitar tujuh bulan," tandasnya.