• KESRA
  • 30 Ribu Relawan Ikut Berpatisipasi di Clean Up Jakarta 2017

30 Ribu Relawan Ikut Berpatisipasi di Clean Up Jakarta 2017

30.000 Relawan Berpatisipasi di Clean Up Jakarta 2017

Sebanyak 30 ribu relawan dari berbagai komunitas, sekolah dan perusahaan swasta, Minggu (8/10), ikut berpartisipasi dalam kegaiatan Clean Up Jakarta 2017.

" Kita berharap warga Jakarta dapat membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan"

Kegiatan rutin yang digelar tahun kelima ini memusatkan konsentrasi aksi pngumpulan sampah di 72 lokasi di seluruh Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, Clean Up Jakarta merupakan kegiatan rutin tahunan membersihkan sampah secara bergotong royong.

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap bahaya membuang sampah sembarangan dan pentingnya proses daur ulang.

"Kita berharap warga Jakarta dapat membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan dan dapat memilah sampah dengan baik," katanya, Minggu (8/10).

Untuk mendukung kegiatan ini, lanjut Isnawa, pihaknya menyebarkan 80 timbangan dan truk pengangkut sampah.

Selain menggelar Clean Up Jakarta, pada hari yang sama Dinas LH DKI menggelar peluncuran sosialisasi limbah e-waste. Sosialisasi bertujuan agar masyarakat Jakarta berperilaku bijak dalam mengelola limbah elektronik seperti HP, charger, setrika dan limbah elektronik lainnya.

"Peralatan elektronik yang sudah rusak itu butuh dikelola secara khusus karena mengandung logam berat yang diklasifikasikan menjadi limbah bahan berbahaya dan beracun. Sehingga mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan serta kesehatan," tandasnya.